BACA INI

Senin, 20 Mei 2013

SENI RUPA


     Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titikgarisbidangbentukvolumewarna,tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.


Seni rupa dilihat dari segi fungsinya dibedakan antara seni rupa murni dan seni rupa terapan, proses penciptaan seni rupa murni lebih menitik beratkan pada ekspresi jiwa semata misalnya lukisan, sedangkan seni rupa terapan proses pembuatannya memiliki tujuan dan fungsi tertentu misalnya seni kriya. Sedangkan, jika ditinjau dari segi wujud dan bentuknya, seni rupa terbagi 2 yaitu seni rupa 2 dimensi yang hanya memiliki panjang dan lebar saja dan seni rupa 3 dimensi yang memiliki panjang lebar serta ruang.

Secara kasar terjemahan seni rupa di dalam Bahasa Inggris adalah fine art. Namun sesuai perkembangan dunia seni modern, istilah fine art menjadi lebih spesifik kepada pengertian seni rupa murni untuk kemudian menggabungkannya dengan desain dan kriya ke dalam bahasan visual arts.

    Unsur Seni Rupa

Unsur seni rupa adalah unsur-unsur visual yang dapat dilihat wujudnya yang digunakan untuk membentuk karya seni.unsur-unsur seni rupa tersebut berupa unsur garis,titik,bidang,bentuk,warna,tekstur,gelap terang,ruang atau volume.
1.Garis
Merupakan unsur rupa yang terbuat dari rangkaian titik yang terjalin memanjang menjadi satu.Macam-macam garis seperti garis lurus,garis lengkung,garis patah-patah,dan garis spiral atau pilin.
Garis lurus berkesan tegas dan keras,garis lengkung berkesan lembut dan lentur,garis patah-patah berkesan kaku,garis spiral berkesan luwes.
2.Titik
Merupakan unsur rupa yang paling sederhana dan akan tampak berarti bila jumlahnya banyak atau ukurannya diperbesar hingga menjadi bintik.
3.Bidang
Merupakan unsur rupa yang terjadi karena pertemuan dari beberapa garis.Ada dua jenis bidang yaitu bidang geometris(beraturan)dan bidang non geometris(tidak beraturan)
4.Bentuk
Bentuk terjadi melalui penggabungan unsur bidang
5.Warna
Merupakan unsur rupa yang terbuat dari pigmen(zat warna).Warna dapat dibedakan menjadi 3 yaitu,Warna Primer(warna pokok)warna dasar bukan warna campuran dari warna manapun,seperti warna merah,kuning,biru.Warna sekunder terbentuk dari dua warna primer,contoh hijau dari kuning dengan biru,ungu dari merah dengan biru,dll.Warna tersier terbentuk dari campuran warna sekunder lain dan atau warna primer,seperti coklat.
6.Tekstur
Merupakan nilai raba dari suatu permukan(halus,kasar,dll).secara visual ada 2 macam tekstur yaitu,tekstur nyata,bila keadaan benda saat dilihat dan diraba sama nilainya,dan tekstur semu bila keadaan benda saat dilihat dan diraba berbeda nilainya.
7.Gelap terang
Merupakan keadaan sesuatu bidang yang dibedakan dengan warna tua dan muda yang disebabkan oleh perbedaan warna atau pengaruh cahaya.contoh:gelap terang

     Prinsip Seni Rupa
prinsip-prinsip seni rupa disebut juga kaidah-kaidah yang menjadi pedoman dalam berkarya seni rupa.prinsip seni rupa meliputi: 
1.Kesatuan (unity)
Unsur-unsur yang tedapat dalam sebuah karya yang saling berkaitan(tidak berdiri sendiri)
2.Keseimbangan(balance)
Kesamaan bobot dari unsur-unsur karya.Secara wujud dan nilainya mungkin tidak sama,tapi nilainya tetap seimbang.Macam-macam keseimbangan :
a.Keseimbangan Simetris :keseimbangan antara 2 unsur yang letaknya berlawanan.mempunyai bentuk,besar dan warna yang sama.keseimbangan simetris mempunyai sifat statis yaitu tenang,damai,tentram,tidak hidup.
b.Keseimbangan Asimetris: keseimbangan yang tidak seimbang tapi mempunyai kesan seimbang,bersifat dinamis yaitu lebih hidup
c.Keseimbangan Diagonal:keseimbangan dari sudut ke sudut.
d.Keseimbangan Sentra(terpusat):keseimbangan yang acuannya ditengah
3.Irama (ritme)
Penyusunan unsur-unsur merupakan pengulangan dari unsur-unsur yang diatur.
4.Pusat Perhatian(Central of interes)
Unsur yang menonjol atau berbeda dengan unsur-unsur yang ada didalam karya,perhatian difokuskan pada satu hal yang dianggap penting dan menarik.
5.Keselarasan(harmoni)
prinsip untuk menyatakan unsur-unsur seni rupa yang berbeda saling bekerja sama atau dengan yang lainnya,baik bentuk maupun warna.
6.Perbedaan yang jauh(kontras)
Prinsip yang memperlihatkan perbedaan yang sangat menonjol dan jelas,baik bentuk maupun warna serta susunannya.

     Ragam Gambar Bentuk
Bentuk benda dapat dibedakan menjadi 2 yaitu bentuk geometris(beraturan)seperti kubus,balok,piramid,limas,kerucut,bulat,bundar.Dan non geometris (tidak beraturan).
Bentuk ini terdapat pada berbagai benda alam,selain itu benda dapat dibedakan menjadi 3 bentuk yaitu :
1.Bentuk Kubistis
adalah bentuk-bentuk yang menyerupai kubus atau benda yang bentuk dasarnya kubus dan balok.contoh:lemari,meja,kursi,kardus,kulkas,dll.
2.Bentuk Silindris
adalah benda yang memiliki bentuk dasar silinder atau bulat.contoh:gelas,kendi,teko,ember,tabung,piring,cangkir,dll.
3.Bentuk bebas
adalah benda yang bentuknya tidak beraturan atau yang tidak termasuk kubistis dan silindris.contoh:kain,buah-buahan,sayur-sayuran,busana,dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar